KEWIRAUSAHAAN (RENDANG,BAKSO DAN ICE CREAM IKAN TONGKOL)

Rabu, 02-03-2022 13:10 WIB

KEWIRAUSAHAAN (RENDANG,BAKSO DAN ICE CREAM IKAN TONGKOL)Pengemasan Bakso Ikan Tongkol

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional disebutkan bahwa tujuan pendidikan adalah mempersiapkan insan Indonesia untuk memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warganegara yang produktif, kreatif, inovatif, dan afektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban dunia. Pada jenjang pendidikan dasar dan menengah, Kemendikbud telah menjabarkannya melalu langkah strategis dalam implementasi Kurikulum 2013. Tujuan Kurikulum 2013 akan lebih tercapai ketika peserta didik memiliki jiwa dan ketrampilan kewirausahaan, mereka akan menjadiwarganegara yang produktif, kreatif dan inovatif yang dilandasi nilai-nilai karakter bangsa dan mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat. Program kewirausahaan dimaksudkan sebagai salah satu upaya memberi bekal kepada peserta didik agar mereka memahami konsep kewirausahaan, memiliki karakter wirausaha, mampu memanfaatkan peluang, dan mendapatkan pengalaman langsung berwirausaha, serta terbentuknya lingkungan sekolah yang berwawasan kewirausahaan.

Berdasarkan hal tersebut SMA N 11 Padang membuat program kewirausahaan dengan mengoptimalkan potensi local yang merupakan daerah pesisir, yang merupakan salah satu daerah penghasil ikan terbanyak. Sehingga ide untuk mengolah ikan menjadi makanan yang unik dan menarik menjadi salah satu unggulan produk kami.

SMAN 11 mulai merintis ide wirausaha Ice Cream berbahan dasar ikan tongkol, rendang ikan tongkol, bakso ikan, nugget ikan dan masih banyak lagi makanan berbahan dasar ikan yang akan segera dirilis, untuk lebih berkembangnya usaha tersebut tentu perlunya dukungan dari semua pihak sekolah agar tujuan yang diinginkan dapat tercapai.

Program diawali dengan mengadakan webinar kewirausahaan dengan mendatangkan narasumber untuk mengenalkan dan memberi edukasi kepada siswa tentang bisnis kewirausahaan. Dan dilanjutkan dengan teori dan praktek -- praktek pengolahan makanan tiap minggunya, sesuai dengan jadwal yang telah diatur.

Menurut Kepala sekolah SMA N 11 Padang Nuragusman Eka Putra, M.Pd," Kegiatan ini diharapkan sangat berguna bagi peserta didik nantinya sebagai bekal dalam berwirausaha dengan memanfaatkan sumber daya alam yang ada didaerah sekitarnya. Sehingga tercipta pelajar yang tidak hanya cakap dalam akademik tapi juga mampu memanfaatkan skill yang ada di dirinya".

https://youtu.be/rZEGgDYQPyg

Berita lainnya

Komentar Berita

Kirim Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *