Perbedaan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Jigsaw dan Pembelajaran...

Perbedaan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Jigsaw dan Pembelajaran Konvensional pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Sman 11 Padang

Oleh Risa Arizona

Kamis, 31-08-2017 10:26 WIB

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar ekonomi ujian mid semester I siswa kelas X SMAN 11 Padang Tahun Pelajaran 2013/2014 masih rendah di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar ekonomi siswa yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih tinggi dari pada hasil belajar ekonomi siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional kelas X SMAN 11 Padang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 11 Padang Tahun Pelajaran 2013/2014.

Berdasarkan skor tes hasil belajar ekonomi siswa, diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 81,20 dan kelas kontrol 73,47. Hasil analisis uji-Z, diperoleh Zhitung (2.673) > Ztabel (1.960) yang berarti hipotesis diterima. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar ekonomi siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih tinggi dari pada siswa yang menerapkan pembelajaran konvensional siswa kelas X SMAN 11 Padang. Untuk itu peneliti menyarankan agar guruguru bidang studi ekonomi khususnya SMAN 11 Padang dan guru SMA pada umumnya dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw sebagai salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Dan kepada peneliti yang berminat disarankan untuk melakukan penelitian lanjutan pada materi yang berbeda.

  • Nama : Risa arizona
  • Npm : 09090229
  • Program Studi : Pendidikan Ekonomi
  • Institusi : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan

sumber

Komentar Artikel

Kirim Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *